25 September 2021

Papua Selatan Pos

Berita harian pagi Papua Selatan Pos

Pemda Komunikasikan Pemberlakuan PPKM Level 4 Bersama Forkopimda

Bupati Merauke, Romanus Mbaraka

Merauke, PSP – Pemerintah Kabupaten Merauke hari ini akan melakukan koordinasi bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) untuk menetapkan mekanisme pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Hal ini untuk menindaklanjuti ketetapkan Kemendagri bahwa Kabupaten Merauke merupakan salah satu kabupaten di provinsi Papua yang harus menerapkan PPKM Darurat.  Bupati  Merauke, Romanus Mbaraka mengatakan bahwa hal penting yang perlu dimatangkan dari pelaksanaan PPKM adalah bagaimana agar ekonomi masyarakat tetap hidup dan berjalan.

“Sesuai instruksi dari Mendagri, kita akan komunikasikan besok dengan Forkopinda. Ini juga berkaitan dengan perkembangan covid-19 yang cukup pesat di Papua New Guinea dan juga ada informasi dimana teman-teman yang di Boven Digoel itu mulai turun ke Kota. Ini yang coba kita mau bicara supaya ini diatur baik. karena biar bagaimanapun ekonomi rakyat harus berjalan,” terangnya di kantornya, Senin (26/7/2021).

Setidaknya, Bupati memastikan di Merauke tidak akan melakukan penyekatan wilayah seperti yang dilakukan didaerah-daerah lain. Hal ini menginggat antara penyebaran Covid dan aktifitas masyarakat masih seimbang.

“Rencana tadinya kalau Covid tinggi, PPKM lokal mau saya berlakukan untuk setiap distrik. Tetapi kita kan masih Balance-lah, antara perkembangaan yang ada dengan aktifitas ekonomi. Jadi untuk lokal ada isu kita akan tutup Tujuh Waliwali itu tidak benar, pasar tutup tidak benar, Karena kita masih terus ikuti perkembangan, sambil kita terus kampanyekan prokes kepada masyarakat,” bebernya.

Selain itu, Romanus menambahkan bahwa dalam waktu dekat Pemda Merauke akan memberikan bantuan kepada masyarakat yang tidak mendapat bantuan dari pemerintah pusat.  “Untuk lokal Merauke kita akan coba bicara dan menata dengan baik. Sekarang kita lagi mempersiapan bama (bahan makanan) dengan Dinas Sosial untuk kita berikan kepada masyarakat,” pungkasnya. [WEND-NAL]